Saturday, August 4, 2012

Hindari Kanker Payudara dengan Gerakan SADARI

Kaum hawa pasti takut banget dengan kanker payudara  yang ter kenal ganas karena nggak sedikit nyawa melayang akibat salah satu jenis kankerini. Sedihnya, banyak yang barus adar menderita kanker payudara saats udah stadium lanjut, sehingga pengobatan pun sudah sia-sia.

Kanker payudara timbul akibat munculnya sel-sel ganas yang ada di payudara perempuan. Tapi jangan salah lho, kanker payudara ini juga bisa menyerang para pria walaupun masih jarang. Di Indonesia sendiri, penderita kanker payudara terbanyak kedua setelah kanker serviks. Maka dari itu kamu harus selalu waspada dan menjaga tubuh kamu agar kanker payudara ini nggak menyambangi payudaramu. Yuk, lakukan gerakan SADARI (perikSA payuDAra sendiRI) agar kanker payudara bisa terdeteksi sejak dini.
Apakah Payudaraku Normal?

Memeriksa payudara sendiri inilah salah satu cara untuk mendeteksi apakah payudaramu baik-baik sajaa tau tidak.  Sebaiknya periksalah payudaramu setiap bulan setelah kamu selesai haid. Nggak susah kok, kegiatan ini bisa kamu lakukan saat kamu selesai mandi. Pertama kamu bisa berdiri tegak menghadap cermin dan perhatikan payudaramu, apakah bentuk payudaramu simetris atau tidak, misalnya kanan kiri terlihat berbeda baik ukuran atau letaknya. Kemudian angkat keduatanganmu sampai keatas kepala, apakah ada perubahan signifikan dari bentuk payudaramu. Jangan lupa lihatlah apakah ada kerutan atau sepert ikulit jeruk di sana.

Selanjutnya kamu bisa meraba dan memijat secara perlahan seluruh bagian payudaramu dengan alur melingkar untuk tahu apakah ada benjolan. Walaupun tidak semua benjolan itu pasti kanker, kamu harus tetap periksakan ke dokter kalau-kalau kamu menemukannya. Lanjut ke bagian berikutnya, ke area puting payudaramu. Kamu bisa menekan pelan-pelan dan perhatikan bila ada cairan atau darah keluar dari sana, kamu wajib wasapada dan langsung periksakan ke dokter atau rumah sakit. Bila kamu ingin mengetahui secara lebih detail ada tidaknya sel kanker di payudaramu, kamu harus melakukan tes mamografi. Dengan tes ini kamu bisa mendeteksi kanker payudara secara dini. Tes mamografi ini bisa kamu lakukan di rumah sakit yang memang menyediakan fasilitas tes mamografi. Meskipun agak mahal, tapi tes ini bisa menyelamatkan hidupmu, Mom.

Selain karena faktor genetis, penyebab kanker payudara nggak lepas dari bagaimana kamu menjalani hidupmu. Seperti mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok adalah salah satu faktor penyebab kanker. Selain itu kamu juga nggak boleh malas olah raga dan jagalah berat badan kamu agar tidak berlebihan. Berat badan ideal bukan hanya untuk penampilan, tapi biar kamu tetap sehat juga. Anjuran selanjutnya adalah tidak mengandung pada usia lanjut, selain menghindari resiko saat melahirkan hal ini juga bisa picu sel kanker di payudaramu. Nah, ini yang terpenting, bagi kamu yang sudah menjadi atau bakal jadi ibu, jangan pernah kamu berpikir untuk tidak memberikan ASI kepada buah hatimu. Banyak yang nggak tahu kalau menyusui itu bisa menghindarkan kamu dari kanker payudara. Selain memberikan yang terbaik bagi anakmu, kamu juga menjaga payudaramu tetap sehat Mom.

Sumber:
FAMILY.FIMELA.COM
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Bali